Laman

Minggu, 31 Oktober 2010

Kecanggihan Mobil Presiden Barack Obama



Mobil kepresidenan Barack Obama yang selama ini menjadi penantian pemerhati otomotif dunia, akhirnya tampil perdana pada hari inagurasi Selasa 20 Januari 2009. Adalah Cadillac One, produk keluaran General Motors (GM) Cadillac yang didesain khusus melindungi orang nomor satu AS tersebut dalam kegiatan dinasnya sehari-hari.

Limousine yang biasa disebut The Beast ini memiliki spesifikasi khusus layaknya tank perang guna melindungi nyawa Obama. Meski Secret Service AS pada awalnya tidak melansir detailCadillac One kepada publik dengan alasan keamanan, namun akhirnya terkuak juga ke masyarakat.


Chassis
Dipersenjatai dengan rangka truk berukuran medium serta diperkuat dengan kevlar dan logam setebal 5 inch di bawah mobil yang tahan bom dan granat.

Bodi
Perpaduan eksterior Cadillac STS and DTS. Dibuat dari baja hardened, titanium, aluminium dan dilapis keramik untuk menahan serangan peluru penembus metal.

Pintu
Berlapis baja tahan peluru setebal 8 inch dan memiliki berat sama dengan pintu pesawat Boeing 757. Pintu pengemudi tahan peluru penembus metal (armor-piercing bullets) dan hanya bisa dibuka maksimum selebar 3 inch demi alasan keamanan, dan memudahkan sopir untuk membayar karcis tol atau berbicara dengan pengawal kepresidenan di sebelahnya.

Sopir
Ditraining khusus oleh CIA dalam menghadapi situasi keamanan segenting apapun.

Ruang pengemudi
Standar, tapi dashboard dilengkapi pelacak GPS dan pusat komunikasi.

Ruang belakangBerkapasitas 4 orang dengan partisi kaca tahan peluru. Hanya Obama yang punya switch pembukanya. Ukuran jendela lebih luas dari mobil kepresidenan sebelumnya. Punya “Panic Button” seandainya ada masalah keamanan.

Teknologi Informasi
Dilengkapi komputer dengan akses Wi-Fi, telepon satelit yang punya koneksi sambungan langsung ke Wakil Presiden dan Pentagon.

Tangki Bensin
Dilengkapi dengan lapisan penahan benturan dan busa spesial yang dapat mencegah meledaknya tangki, meskipun mendapat benturan dan tembakan langsung.

Roda
Diperkuat dengan kevlar, tahan sobek dan pecah, dengan penguat baja. Memungkinkan mobil berlari dalam kecepatan penuh, dalam kondisi ban apapun.

Bagasi
Bagasi dilengkapi tabung oksigen dan pemadam kebakaran.

Peralatan pertahanan
Dilengkapi dengan shotgun, night-vision, dan kanon gas air mata. Ada satu tabung berisi darah Presiden, seandainya membutuhkan transfusi darah darurat.

Bendera
Bendera AS dan Kepresidenan terdapat pada fender depan dengan fitur LED guna menyoroti bendera di malam hari.

Mesin & Konsumsi Bahan Bakar
Mesin 6500cc diesel. Kecepatan maksimum 60 mil/jam (96 km/jam). Konsumsi bahan bakar sekitar 8 mil per galon.

Jumat, 15 Oktober 2010

No Boundaries

IMG_9280Salah satu keunggulan mobil offroad adalah tidak ada batas apapun.Dan ini di buktikan oleh Suzuki Jimny Jangkrik yang satu ini. Walaupun secara dimensi mobil ini sangat mini apalagi jika dibandingkan dengan mobil offroad lain seperti FJ40, CJ7, Cherokee, Land Rover dan lain-lain, tentu saja jangkrik ini membuat orang akan under estimate.”weiitss, justru yang dianggap kelemahan itu bisa kita jadikan kelebihan” demikian terang Vido,offroader kawakan yang juga pemilik mobil ini.Kecil dan ringan itu membuat mobil ini menjadi unggul. Dengan sentuhan yang tepat sana-sini,jangkrik ini akan siap menerkam lawan yang mempunyai bodi dan mesin jauh lebih besar.

Langkah pertama adalah memperkuat struktur bodi dengan sisyem tubular. Tujuannya agar bodi lebih rigid IMG_9279dan mampu diajak bermanufer ekstrim.

Butuh pengorbanan? Jelas…radiator dipindahkan kebelakang lengkap dengan extra fan nya, tujuannya agar ketika terjadi benturan keras,mesin masih bisa berfungsi dengan suhu yang baik. Sebagai penyeimbang, winch Warn di posisikan di belakang.”jadi klo kita jump, mobil nggak nukik mas” terang Vido lagi.Untuk melengkapi itu semua, ban diganti ukuran 31 lansiran Simex Trekker yang memang cocok untuk urusan adventure ekstrim. Shockbreakernya menggunakan coil over Nitrogen buatan Negara tetangga, Thailand. Hasilnya, jarak traveling bodi jadi jauh lebih baik, pengendalian yang mantap dan mampu diajak pada manuver ekstrim sekalipun seperti jumping misalnya tanpa takut sedikitpun.

Karena kapasitas mesin asli hanya 800cc, maka diputuskan mengganti mesin Suzuki Katana 1000cc yang sudah di rekondisi total tentunya dan siap untuk diajak beraksi. Hasilnya…no boundaries lah….

Specification :

Engine 4 cyl in line Suzuki Katana 1000 cc, rekondisi, custom radiator Exterior full tubular body, aluminium bordes, winch Warn Kaki-Kaki ban 31 Simex Trekker, velg Taft GT, nitrogen Shock, final gear Interior Jok semi bucket, Sparco steering wheel, custom panel, custom dashboard

Copy of IMG_9289IMG_9304IMG_9277

Extreme Trekker

FJ 40 BOA [ Bekasi Offroad Adventure ]

IMG_0323Selain harus berpenggerak four wheel, untuk mampu menempuh medan lumpur dan terjal juga dibutuhkan ban dengan ukuran besar. Dan, ban ukuran 35 dipercaya mampu memecahkan semua kendala yang ada. Salut!

Performance Toyota FJ40 dalam dunia offroad memang sudah sangat melegenda. Kehandalan mesin dan terutama sektor chassis yang kuat dan elastis serta kekuatan kaki-kaki yang sangat mampu diandalkan di medan sangat berat sekalipun jelas mempermudah para pecinta offroad untuk melakukan ubahan dan bisa diandalkan.

IMG_0313Ini juga yang dilakukan pemuda asal Bekasi ini. Mempunyai sebuah FJ40 jelas secara otomatis sudah mengurangi handicap yang ada. Hal penting pertama yang dilakukan adalah mengganti ukuran dan karakter ban. ”Kita pilih ban dengan ukuran 35 extreme trekker dari Simex. Selain handal, ban ini juga terkenal mempunyai value for money yang cukup optimal dikelasnya” demikian terang pemuda ramah ini.

Ini diikuti dengan penggantian shockbreaker dari Procom pada keempat kakinya. Tidak hanya itu, velg juga diganti dengan casting wheels Modullar dengan lebar 10” rata depan belakang. Per dibangun ulang dengan penambahan holder pada keempat kakinya. Final gear juga diganti dengan yang lebih low, tujuanya agar pada putaran bawah, mobil tetep bertenaga dan mampu diajak medan berat sekalipun. Mesin masih menggunakan standar dengan melakukan restorasi total. Untuk piston, stang Piston menggunakan tipe racing .

IMG_0324Dalam upaya emergency, mobil ini juga mampu menolong diri sendiri dengan dipasoknya winch Warn 8431 pada bagian depan lengkap dengan sling-nya. Eksterior body di rubah dengan warna orange dan bodi dibuat pickup yang juga diikuti dengan penempatan rollbar 6 titik dengan tujuan menjaga keamanan driver ketika terjadi roll up. Klimaksnya adalah pemindahan tanki bensin keatas yang diikuti dengan penggantian pompa bensin.

Masuk ke interior, jok menggunakan ex Singapore. Ubahan juga terlihat pada panel-panel mobil yang semua dibuat custom dengan ubahan pada engine cut off dan lain-lain. Tujuannya agar mesin dapat segera dimatikan dalam keadaan darurat. Hasilnya, mobilini menjadi mobil recovery adventure ketika melakukan kegiatan touring offroad. Dan jelas kehandalannya sudah diakui. Siplah… V70T5

Specification :

Engine Stock FJ40, full restoration, piston custom, stang piston custom Exterior custom pick up style FJ40, roll bar, fuel tank custom, orange solid by Spieshecker, winch Warn 8431 Kaki-Kaki Simex Extreme Trekker 35, velg Modullar Wheels 10” wide, Procom shock Interior jok ex Singapore, custom panel Special thanks to Bekasi Offroad Adventure

IMG_0318IMG_0320

IMG_0331IMG_0324

IMG_0335